Mengenal Prosedure delphi







PROSEDUR
prosedur adalah sekelompok statement atau perintah yang tepatnya terpisah dari program utama dengan tujuan  apabila program utama membutuhkan kelompok statement tersebut secara berulang maka program utama cukup melakukan panggilan nama prosedur tersebut untuk mengeksekusi seluruh kelompok statement yang dipisah.
Terdapat dua macam prosedure dalam bahasa pemprograman delphi, yaitu :
1. Procedure
merupakan kelompok statement yang tidak mengembalikan suatu nilai pada saat dijalankan sehingga bisa dikatakan procedure hanya menjalankan statement apapun yang berada didalamnya.
2. Function
Merupakan prosedur yang bisa mengembalikan sebuah nilai pada saat dijalankan.

Pada implementasinya, dikenal suatu istilah yang disebut parameter yang merupakan suatu bagian yang berisi daftar variabel yang digunakan untuk pengiriman data dari program utama ke prosedur yang dipanggil.

Terdapat dua jenis parameter yang harus teman – teman ketahui, yaitu :
  • By Value
Merupakan parameter yang hanya bisa mengirimkan suatu nilai melalui variabel dari program utama ke prosedur yang dipanggil sehingga komunikasi data hanya bisa dilakukan satu arah saja.
  • By Reference
Merupakan parameter yang bisa mengirim dan menerima suatu nilai melalui variabel dari program utama ke prosedur atau sebaliknya yang dipanggil sehingga komunikasi data bisa dilakukan dua arah. Untuk membedakan penggunaannya, parameter by reference menambahkan kata “var” di depan nama variabel yang dibuat.

Selain hal yang dijelaskan diatas, terdapat satu perintah yang terkait dengan penggunaan prosedur, yaitu perintah EXIT. Perintah tersebut digunakan untuk keluar dari prosedur dengan mengabaikan statement apapun yang berada dibawahnya.
Sebelum dapat digunakan, prosedur harus dideklarasikan terlebih dahulu di bagian deklarasi program agar dapat dikenali oleh delphi.
Demikian artikel sederhana ini semoga bermanfaat buat teman teman sekalian, apabila ada hal yang salah mohon masukan dan apabila ada yang kurang jelas monggo ditanyakan kepada admin blog, insya allah admin blog akan memberikan solusinya terhadap  permasalahan teman teman. terima kasih
diposting oleh :
Nim          : 130403020075
Nama       : Mohammad Nurul Hakiki
Email       : kiki.lockoflove@gmail.com
Facebook : kiki LockOfLove
Twitter     : kiki_LockOfLove

0 komentar:

Posting Komentar